Cara Mengatasi Kulit Kusam



Halo hai!
Pernah nggak sih kalian merasa kulit kalian jadi kusam dan nggak glowing ?
Not bad but kalau bisa dibikin seger lagi, why not? ya kan?

Before//no make up

after//no make up

Sebenernya nih kondisi kulit kusam itu bisa karna penumpukan sel kulit mati yang berlebihan. Untuk oeang yang berjenis kulit berminyak, pasti udah ngga asing banget sama kondisi kulit yang kusem dan juga terlihat nggak sehat. 
Nah tapi jangan khawatir ya, karena ternyata kult kusam nggak permanen kok. Berikut ini tips yang bisa aku kasih, siapa tau ampuh dan bisa dicoba di rumah ya! 

1. Jangan pernah lupa untuk bersihin muka 
Yang ini wajib dan jelas sekali. Stepnya bisa single/double cleansing tergantung kondisi kulit kalian. Kalau pake make up dan habis seharian panas - panasan sih aku saranin untuk double cleansing buat memastikan bahwa kondisi kulit kalian bersih ya! 
Cuci muka dengan facial wash minimal juga 2 kali sehari dan maksimal 5 kali sehari ya. Karna kalau terlalu sering mencuci muka juga ternyata nggak baik untuk kondisi kulit kamu loh! 
Dengan wajah yang bersih ini, tentunya sisa kotoran dan juga make up yang menempel di wajah akan terangkat, muka jadi bersih dan pori porinya juga bisa bernafas dengan baik jadi juga penumpukan sel kulit matinya nggak akan menumpuk Gais :D

2. Gunakan pelembab setiap hari
Pelembab ini hal yang tidak boleh dilupakan. Sama seperti kulit badan kita yang akan kering jika tidak memakain lotion, muka juga butuh kelembaban! Selain itu, pelembab juga bisa digunakan untuk proteksi loh, jadi ketika kalian memakai make up, dia sebagai pembeda antara kulit dan juga make up yang kalian aplikasiin hehehe. 
Kak, kalau kulitnya berminyak apa masih harus pake pelembab?
YAP. Kalian tau nggak sih ternyata kulit wajah kita punya "sistem"nya sendiri untuk menjalankan kerjanya. Jadi logikanya gini nih, kalau misalnya tanpa pelembab aja kita produksi minyaknya bisa dikatakan berlebih, ternyata ketika kita nggak pakai pelembab "sistem" itu akan semakin mengenalli kulit kita kering loh! Jadi produksi minyaknya akan semakin bertambah. So sad kan ya, ternyata pemikiran kita masih banyak yang salah tentang hal ini :(

3. Jangan lupa pakai sunscreen atau sunblock
Kadang efek jangka pendek dari pemakaian sunscreen atau proteksi jenis ini adalah kulit kelihatan kusam dan juga mungkin akan ada efek "putih" di muka kita. Tapi ternyata gais, ini tu bersifat bisa dihilangkan kok asal kita rajin cuci muka. Berbeda lagi kalau kita nggak menggunakan proteksi, wah kulit akan semakin kusam karna sinar matahari dan juga susah untuk dikembalikan ke kondisi yang segar lo:(

4. Masker dan pelindung lain
Ini juga penting, ketika kamu naik motor dan harus berperang dengan polusi, alangkah lebih baiknya ketika kita pake masker setidaknya untuk meminimalisir polusi yang masuk dan membuat wajah kita jadi kusam. 

5. (Hal yang paling menyenangkan adalah) Maskeran dengan rutin !!!!!
Ini adalah hal yang bisa mengembalikan mood sih sepertinya wkwk. Kalian minimal harus coba rutin maskeran minimal seminggu sekali, biasanya aku seminggi 1-2 kali sih. 
Pilihannya-pun beragam, kalian bisa pakai masker yang bisa membantu proses peremajaan dan juga peningkatan kesegaran kulit wajah. misalnya nih 
- masker putih telur dengan madu
- masker jeruk nipis atau lemon dengan madu
- masker parutan tomat
- masker parutan ketimun
- masker madu dan oatmeal
- masker alpukat
- masker kopi dan madu
Tapi kalau misalnya males harus ngeracik-racik kalian bisa pilih dan beli aja masker sesuai kebutuhan kalian. Aku ada beberapa saran nih masker yang ena dan seger dipakai :
- masker dari wardah
- masker bengkoang yang dari mustika ratu
- animal mask
Tentunya kalian harus paham jenis kulit kalian ya, jadi menghindari iritasi dan nggak cocok sama produknya hehehe. 

6. Exfoliasi 
Sebenernya step ini sangat penting dan efektif untuk mengangkat sel kulit mati ya. Ada dua pilihan exfoliasi yaitu chemical dan juga phisical exfoliate. Yang kimia itu biasanya ditandai dengan facial wash atau facial scrub yang ada kandungan AHA dan BHA nya, biasanya juga di note untuk tidak terkena sinar matahari lama setelah penggunaannya. Yang aku tahu, sebenernya jenis ini nggak baik digunakan terlalu sering apalagi bagi kita yang masih di bawah 25 tahun, Karena selain bisa bikin kulit menipis dengan reaksinya, nggak sedikit juga yang iritasi dan juga mengeluh tidak cocok dengan jenis ini. 
Yang kedua adalah fisika, biasanya kalian nemuin ini dalam bentuk "peeling". Nah yang ini cenderung lebih aman nih digunain karena hanya beruba butiran yang bisa kita sesuaikan tekanannya dalam pengaplikasian jadi tidak kerap menimbulkan iritasi meskipun juga tetap ada kemungkinan ya!
Btw, yang aku tahu ada beberapa peringatan sih untuk menggunakan produk yang bisa mengeksfoliasi ini. Bagi kalian yang kulitnya sensitif dan juga tipis, aku sarankan jangan dan coba 1 bulan sekali aja deh. Selain itu, untuk kalian yang misalnya mau rutin pake harus diperhatikan jangka waktunya ya, paling enggak 4-6 hari sekali, jangan terlalu sering karna menjaga agar lapisan kulit bagian dalamnya yang masih bagus nggak ikut terkikis hehehe. 
Oiya! bagi yang masih punya jerawat gitu juga nggak baik lho pakai ini.
Mending sebagai gantinya kalau mau ngilangin komedo kalian bisa deh itu pakai alternatif lain seperti masker, odol, dll (Mau tau nggak?) hihihi. Jadi lebih aman dan juga nggak bikin kulit kalian kenapa - napa. 

7. Minum air putih
Masih ingat aturannya kan? 2 Liter per hari minimal ya! dengan ini kalian akan merasakan efek yang bukan hanya kulit terasa nggak kusam, tapi juga lebih kenyal dan terlihat sehat gitu!

8. Perbanyak makanan dan buah sayur
Selain air putih, kalian juga perlu banget tuh mengkondumsi makanan sehat yaitu sayur dan buah untuk menambah nutrisi dari dalam. Jadi efeknya adalah kulit yang ternutrisi dengan baik, segar, dan lebih segar. 

9. Gunakan serum jika perlu
Untuk kalian yang pengen hasilnya lebih bagus lagi, kalian bisa pakai serum untuk menambahkan nutrisi untuk kulit wajah kalian terutama di saat malam hari. Banyak kok pilihannya, wardah setahuku bagus beberapa serumnya. Kalau enggak, Garnier works so good juga! 

Itu dulu ya saran yang bisa aku kasih, jangan lupa share dan komen!
untuk Review dan tips yang lain kalian bisa req di ask.fm/desiatikaa hehehe:)))
Bye!!!


Komentar

Postingan Populer